Halaman

Rabu, 20 April 2011


Pengalaman Kunci Emasku
                Banyak dari kita telah memiliki pengalaman... Pengalaman merupakan sesuatu yang pernah dialami atau dijalani yang menyangkut pada diri sendiri. Pengalaman sudah merupakan bagaian dari hidup setiap orang yang tidak bisa lepas dari kehidupan nyata seperti ini. Apalagi kondisi dunia kita yang semakin tidak teratur , membuat kita harus belajar dari pengalaman. Manusia tidak akan bisa maju dan berkembang bila tidak melihat dari pengalaman mereka. Pepatah mengatakan “Pengalaman adalah guru yang paling baik,” memang pepatah tersebut tidak salah. Dan orang yang mencetuskan pun pasti sudah mengalaminya. Ini sangat hebat, banyak orang yang membaca buku akan sedikit berbeda dengan orang yang memiliki banyak pengalaman dalam hidupnya.
                Orang yang gemar mencari sumber melalui buku akan terkesan lebih teoritis daripada orang yang banyak melakukan sesuatu semasa hidupnya yang menghasilkan pengalaman. Secara konvensi, orang akan jauh lebih berhati-hati dalam menjalankan sesuatu dan memikirkan dahulu setiap hal yang ia lakukan berdasarkan pengalaman. Dan pengalaman membawa orang untuk membuat prinsip dalam hidupnya. Seperti “Tidak mau seperti Babi yang masuk ke dalam lubang yang sama.” Artinya babi merupakan hewan yang otaknya tidak berfungsi seperti manusia. Lalu sering jatuh ke dalam lubang, yang sama. Filosofinya, manusia harus/ jangan sampai melakukan kesalahan 2 kali atau lebih.
                Tidak sedikit manusia di dunia ini yang sudah menjadi sukses berkat pengalaman yang mereka dapatkan. Dan pengalaman gagal lebih dulu mereka dapatkan pada akhirnya menghantarkan kepada kesuksesan. Contoh konkrit bagi seorang pelajar adalh ketika mereka aktif dalam banyak kegiatan yang nantinya menjadi bekal untuk masa depan. Seringkali  dalam perlombaan hal MENANG atau KALAH merupakan bonus, KALAH merupakan hal yang sering terjadi akibat kurang belajar dari pengalamn. Tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah proses dalam perlombaan tersebut . karena dari situ kita dapat belajar banyak hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar